Adiwiyata dan Pendidikan berbasis Karakter

Adiwiyata merupakan tahap pengembangan sekolah yang kurikulum pendidikannya berbasis lingkungan. Selain sebagai media penumbuhkembangan anak , adiwiyata nantinya juga akan sangat berperan dalam usaha dalam meningkatkan perhatian masyarakat terhadap lingkungan kita.

Kenapa bisa begitu?..

Banyak sekali anggapan yang beredar di masyarakat, jika kita ingin merusak masa depan, maka kita hanya cukup meracuni kepribadian dari anak-anak muda  dr keturunan suatu bangsa.

Sungguh Kejam.

Jika anak-anak muda kita sudah mulai rusak moral dan kepribadian serta apatis terhadap lingkungannya maka secara tidak langsung Generasi yang berikutnya juga akan ikut terpengaruh dengan pola pikir dan Kebiasaan dari Generasi sebelumnya. Sehingga lambat laun Generasi kita akan Hancur dengan sendirinya, ( jika Kita tidak segera memperbaiki diri. )

Nah karena isu yang paling hangat di kalangan masyarakat dan dunia adalah isu yang berkaitan dengan lingkungan, maka salah satu jalan tercepat untuk memperbaiki nasib kepribadian anak bangsa kita ini dapat dilakukan dengan pendekatan kepedulian mereka terhadap lingkungannya.

Dan juga dalam pendidikan di buat supaya terbentuk karakter peduli lingkungan serta menhilangkan sikap apatis yang ada dalam diri setia generasi muda ini?.

Perbaikan Mindset

Kenapa harus ada perbaikan?..

 “ Anda mungkin tahu tentang motor” , akan tetapi tidak semua orang tau kalau motor itu juga ada massa belaku / umur. Nah suatu merk motor tentu akan mempunyai massa kejayaannya masing-masing?. Sama dengan peradaban suatu Generasi.

Suatu Generasi juga mempuyai umur dan massa kejayaan masing-masing, Dan setelah messa kejayaannya habis, mereka kan di gantikan oleh penerus / keturunannya.

“ jika ada banyak tokoh dalam suatu generasi yang bisa menyuntikkan pemikiran-pemikiran positifnya, tentunya hal ini juga akan mempunyai pengaru yang signifikan terhadap keberlangsungan pemikiran-pemikiran tersebut?.

Suntikan pemikiran berbasis lingkungan inilah yang saat ini sedang gencar di lakukan di sekolah-sekolah di Indonesia?..

Karena proses untuk membentuk sikap yang baik dari sebuah generasi membutuhakan tenaga ekstra keras.

Related Post

Pemantapan ADIWIYATA MANDIRI 2018 | Adiwiyata Kemajuan teknologi serta industry yang sangat pesat memang sangat berdampak terhadap keadaan lingkungan. Selain berdampak terhadap pencem...
Penyuluhan TRIAS UKS, P3K, P3P, kesehatan Remaja d...  Dalam usaha meningkatkan kesadaran Para Siswa akan Kesehatan, Puskesmas Banguntapan bersama dengan SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN pada hari selasa 04-...
Juara Pertama Best Achievement LSS 2017 Penghargaan bergengsi kembali diraih Bantul di tingkat nasional. SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul  sukses menjadi juara pertama pada Lomba Sekolah Se...
Penilaian LSS tingkat propinsi di SMA N 1 BANGUNTA... Mewujudkan sekolah sehat merupakan dambaan bagi setiap warga SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. LSS merupakan ajang untuk tes tentang seberapa besar kepedulian...
Juara II KADER REMAJA SEHAT 2016 " HIV/AIDS serta pendewasaan usin pernikahan dan kesehatan Reproduksi Remaja "SMA N 1 BANGUNTAPAN. Pada tanggal 20 september 2016 SMA NEGERI 1 BANGUNT...