Latar Belakang

Latar Belakang

Pendidikan merupakan satu hal yang mutlak diperlukan untuk mencapai kemajuan suatu bangsa. Melalui pendidikan ini akan dihasilkan manusia – manusia yang berkualitas. Dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas ini pemerintah mengaturnya dalam Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam suatu sistem pendidikan, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini yang berbasis pengetahuan, informasi dan komunikasi . Perpustakaan sekolah membekali siswa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, yang memungkinkan mereka hidup sebagai warganegara yang berkualitas dan bertanggungjawab.

Dalam era informasi dan komunikasi seperti saat ini peran perpustakaan mulai digantikan oleh maraknya informasi dan sumber belajar yang banyak beredar di dunia maya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini juga memaksa perpustakaan sekolah harus merubah diri, penampilan, dan pelayanannya agar tidak ditinggalkan oleh pemustakanya.

Atas dasar ini perpustakaan SMA Negeri 1 Banguntapan berupaya untuk menjawab tantangan seperti yang disebutkan di atas. Untuk itu perpustakaan sekolah harus berupaya menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih menarik dan sebagai sumber belajar yang diidolakan oleh pemustakanya.

Related Post

SMABA GOES TO LSS 2016 Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel d...
ROHIS Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE ...
Patryout #3 di SMA N 1 BANGUNTAPAN Dalam upaya melatih para siswa indonesia agar lebih terampil, cakap serta cepat dalam berfikir dan mengambil keputusan saat mengerjakan soal Ujian Nas...