↑ Return to PROFIL

PROGRAM KERJA

        Memperhatikan Kemampuan Sumber daya serta potensi yang ada di SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN, maka secara garis besar program kerja sekolah untuk tahun 2015/2016 disusun sebagai berikut :


a)  Program layanan prima

     baik kepada siswa, masyarakat, maupun instansi terkait. Dengan memperhatikan saran, pendapat dan masukan dari berbagai pihak, sekolah selalu berusaha meningkatkan kinerjanya,memelihara komunikasi yang baik dengan berbagai pihak sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik (excellent)

b)  Peningkatan Kemampuan dan Kinerja Sumber Daya Manusia.

        Upaya ini dilakukan dengan pembinaan yang intensif baik secara intern maupun dengan melibatkan instansi atau pihak lain yang terkait. Upaya peningkatan kinerja ini diimbangi pula dengan upaya peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga.

c) Peningkatan Saranadan Prasarana Pembelajaran Pendukung Progran Adiwiyata Nasional Menuju Adiwiyata Mandiri.

       Disamping itu juga diprogramkan pembangunan kamar mandi di sebelah timur aula (6 Unit), pembangunan ruang rapat diatas ruang guru, serta sarana pendukung Sekolah AdiWiyata, dan program-program menuju sekolah adiwiyata mandiri. Semua itu berujuan agar proses pembelajaran dan pelayanan pendidikan dapat berlangsung secara maksimal sehingga dapat merealisasikan visi dan misi sekolah dengan baik.

d)  Peningkatan Kualitas Kegiatan Pembelajaran.

     Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ) dimungkinkan adanya tambahan muatanlokal dan penambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran tertentu dari ketentuan standar minimal sebanya 36 jam pelajaran per minggu. Pada tahun ini diprogramkan kelas XI dan XII menempuh beban belajar 43 jam, dan kelas X sebanyak 42 jam pelajaran per minggu. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada prinsipnya memberdayakan seluruh sumber daya (resources) yang ada di sekolah dengan mengacu Kompetensi Dasar , Standar Kompetensi Lulusan yang disusun secara nasional dan mengacu pula pada Visi, Misi Sekolah

e) Peningkatan Mutu Akademik.

       Upaya peningkatan Mutu akademis dengan menambah jam pelajaran wajib maupun dengan bimbingan personal, dan pelayanan klinis akademik. Untuk mencapai tujuan ini diprogramkan peningkatan mutu akademik (PMA) mata pelajaran ujian nasional dan SBMPTN untuk kelas XII. Peningkatan pelayanan kegiatan Ekstrakurikuler Wajib dan pilihan bagi kelas X dan kelas XI. Bagi kelas X,XI diselenggarakan kegiatan baik yang berupa keterampilan vokasional maupun life skill lainnya sebagai upaya memberikan bekal kepada siswa dalam menjalani beragam dan kompleksnya permasalahan kehidupan di masyarakat. Untuk mendukung program ini diadakan kerjasama baik dengan orang tuasiswa, masyarakat, pemerintah, dunia usaha, dan lembaga-lembaga lain yang terkait.

f) Partisipasi dalam berbagai ajang Lomba Kreatifitas Siswa. 

        Sekolah selalu berperan serta dalam berbagai kegiatan lomba kreatfitas siswa. Selain itu sekolah juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan perlombaan maupun bentuk lain dan memberikan bimbingan serta memfasilitasi kegiatan tersebut.

g) Pemberian Reward dan Punishment.

        Dalam usaha mendorong kreatifitas dan meningkatkan kinerja guru dan karyawan sekolah juga berupaya memberi motivasi dan insentif sesuai yang dimiliki. bagi siswa, guru maupun karyawan yang menunjukan prestasi diberikan hadiah (reward) sesuai dengan kemampuan sekolah, Punishment juga dilaksanakan dalam rangka untuk melakukan pembinaan terhadap setiap warga sekolah yang melakukan tindakan menyimpang.

 

Leave a Reply