Sholat Istisqo’,Wujud permintaan kasih sayang dari umat kepada TUHAN?/……

sma1banguntapan.sch.id, 02-10-2015 di SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN telah diadakan sholat istisqo’ .Banyak orang yang hanya tahu kalau sholat istisqo’ adalah sholat untuk meminta hujan.yah memang tidak salah sih?..Akan tetapi akan tetapi Definisi lebih tepatnya adalah :

“Istisqo secara bahasa adalah meminta turun hujan. Secara istilah yaitu meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya.Hukum shalat Istisqo adalah sunnah muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya. Dan dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.”

Dan ini menurut hadist:

Hadits Rasulullah SAW:

Ibnu Abbas Radhiyallaahu ‘anhu berkata: Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam keluar dengan rendah diri, berpakaian sederhana, khusyu’, tenang, berdoa kepada Allah, lalu beliau shalat dua rakaat seperti pada shalat hari raya, beliau tidak berkhutbah seperti pada shalat hari raya, beliau tidak berkhutbah seperti khutbahmu ini. Riwayat Imam Lima dan dinilai shahih oleh Tirmidzi, Abu Awanah, dan Ibnu Hibban.

Dari Anas bin Malik RA menyebutkan bahwa ada seorang lelaki pada hari Jum’at masuk dari pintu menuju mimbar. Sedang Rasulullah SAW berkhutbah. Dia menemui rasul SAW sambil berdiri dan berkata: wahai Rasulullah SAW telah musnah binatang ternak dan sumber mata air sudah tidak mengalir. Mohonlah pada Allah agar menurunkan air untuk kami. Berkata Anas: Maka Rasulullah SAW mengangkat kedua tangan ke langit dan berdoa: Ya Allah turunkan bagi kami hujan 3x. Berkata Anas RA Demi Allah pada saat kami tidak melihat di langit mendung, gumpalan awan atau apapun. Dan sebelumnya di antara rumah kami dan gunung tidak ada penghalang untuk melihatnya”. Berkata Anas RA, “Maka muncullah di belakangnya mendung seperti lingkaran. Dan ketika sampai di tengah, menyebar dan turunlah hujan. Anas RA berkata: “Maka kami tidak melihat matahari selama enam hari”. Kemudian muncul lagi lelaki tersebut dari arah pintu yang sama pada Jum’at sesudahnya dan Rasul SAW sedang khutbah. Dia menghadap Rasul saw sambil berdiri dan berkata: “Wahai Rasulullah SAW harta-harta hancur dan sungai-sungai penuh, berdoalah kepada Allah agar menghentikannya. Maka Rasulullah SAW mengangkat tangan dan  berdoa Ya Allah berilah hujan sekeliling kami bukan  adzab bagi kami, jatuh pada tanah, gunung-gunung, pegunungan, bukit-bukit, danau- danau dan tempat tumbuh pepohonan” (HR. Bukhari)

Beberapa bulan ini di Daerah Istimewa Yogyakarta sedang dilanda kemarau yang terhitung panjang.Bahkan Bykan hanya D.I.Y saja Purwokerto,Jawa Barat,Purworejo,dll juga dilanda kemarau yang panjang.Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya Badai EL NINO.

Apa itu fenomena EL NINO?…Menurut BMKG El NINO adalah :

El Nino adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (sea surface temperature-SST) di samudra Pasifik sekitar equator (equatorial pacific) khususnya di bagian tengah dan timur (sekitar pantai Peru). Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung, maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim.

Dalam kondisi iklim normal, suhu permukaan laut di sekitar Indonesia (pasifik equator bagian barat) umumnya hangat dan karenanya proses penguapan mudah terjadi dan awan-awan hujan mudah terbentuk. Namun ketika fenomena el-nino terjadi, saat suhu permukaan laut di pasifik equator bagian tengah dan timur menghangat, justru perairan sekitar Indonesia umumnya mengalami penurunan suhu (menyimpang dari biasanya). Akibatnya, terjadi perubahan pada peredaran masa udara yang berdampak pada berkurangnya pembentukan awan-awan hujan di Indonesia.

Fenomena el-nino diamati dengan menganalisis data-data atmosfer dan kelautan yang terekam melalui weather buoy yaitu suatu alat perekam data atmosfer dan lautan yang bekerja otomatis dan ditempatkan di samudra. Di samudra pasifik, setidaknya saat ini terpasang lebih dari 50 buah buoy yang dipasang oleh lembaga penelitian atmosfer dan kelautan Amerika (National Oceanic and Atmospheric Administration-NOAA) sejak 1980-an. Dengan alat-alat inilah kita mendapatkan data suhu permukaan laut sehingga bisa melakukan pemantauan terhadap kemunculan fenomena el-nino.

Fenomena el-nino bukanlah kejadian yang terjadi secara tiba-tiba. Proses perubahan suhu permukaaan laut yang biasanya dingin kemudian menghangat bisa memakan waktu dalam hitungan minggu hingga bulan. Karena itu pengamatan suhu permukaan laut juga bisa bermanfaat dalam pembuatan prediksi atau prakiraan akan terjadinya el-nino, karena kita bisa menganalisis perubahan suhu muka laut dari waktu ke waktu. Di BMKG, pemantauan terhadap fenomena el-nino juga dilakukan dengan memanfaatkan data dari buoy-buoy tersebut. Pemantauan ini dilakukan dengan membuat peta perkembangan suhu lautan baik sebaran spasial (lintang-bujur) maupun irisan vertikal yaitu peta suhu laut untuk beberapa tingkat kedalaman. Produk-produk analisis ini tersedia di web resmi BMKG.

Sedangkan menurut penelitian BMKG sendiri fenomena el nino kali ini kemungkinan akan bertahan sampai sekitar bulan januari 2016.Sesuai dengan kenyataaan itu Pada tanggal 02-10-2015 di SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN telah diadakan sholat istisqo’.Yang tujuan sebenarnya adalah meminta agar TUHAN YANG MAHA ESA.mau memberikan belas kasihan kepada umatnya supaya menurunkan rezeki yang berupa air hujan.

 

Related Post

PIKR SMABA di TVRI YOGYAKARTA sma1banguntapan.sch.id, Minggu 18 oktober 2015 Bertempat di stasiun TVRI jogjakarta telah diadakan sebuah Lomba Kesehatan Remaja yang bertajuk "KESE...
Pencanangan Gerakan Masyarakat hidup Sehat oleh Ib... Pada tanggal 14 nov 2016 ada yang sedikit berbeda di lapangan tamanan. Karena pada hari itu tengah berlangsung kegiatan “PENCANANGAN GERAKAN MASYARAKA...
Pemantapan menuju ADIWIYATA MANDIRI Kemajuan teknologi serta industry yang sangat pesat memang sangat berdampak terhadap keadaan lingkungan. Selain berdampak terhadap pencemaran, pesatny...
Penampilan Smaba pada LCC di TVRI "Sma1banguntapan.sch.id..tepat pada tanggal 24 agustus 2015 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPANtelah mengikuti lomba cerdas cermat yang diselenggarakan di TVRI Y...
Qur’ban di SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN sma1banguntapan.sch.id, Tanggal 26 septtember 2015 bertepatan dengan hari tasrik yang ke-3  idul Qur'ban 14386 H Sma negeri 1 banguntapan menyelengg...